Pusat Konseling Trauma
Universitas Muhammadiyah Malang
Pusat Konseling Trauma
Universitas Muhammadiyah Malang

Gangguan Kesehatan Mental

 Gangguan Kesehatan Mental

Banyak sekali macam-macam gangguan kesehatan mental. Gangguan penyakit kesehatan mental ini sangat bervasiasi dari taraf yang ringan, sedang sampai yang gangguan kesehatan mental berat. Gangguan kesehatan mental sangat mengganggu kehidupan keseharian penderitanya, apalagi gangguan yang diderita juga cukup berat.

Perlakuan untuk masing-masing gangguan kesehatan mental juga bervariasi. Tergantung jenis dan penyebab gangguan kesehatan mental tersebut. Di bawah ini adalah daftar gangguan mental yang membagi setiap gangguan mental ke dalam kategori yang berbeda dan membahas gangguan tertentu.

Pada dasarnya, gangguan kesehatan mental dibagi menjadi empat, yaitu:

Gangguan organik Otak

Jenis gangguan ini adalah akibat langsung dari fisik (seluruh tubuh) perubahan dan penyakit yang mempengaruhi otak. Hal ini menyebabkan perubahan untuk beberapa derajat kebingungan dan delusi selain kecemasan dan kemarahan. Beberapa penyakit ini adalah:

Penyakit degeneratif: 

  1. Huntington: penyakit-penyakit genetik yang terdiri dari gerakan abnormal, demensia, dan masalah psikologis.

  2. Multiple Sclerosis: gangguan sistem kekebalan tubuh yang mempengaruhi sistem saraf pusat (otak & saraf tulang belakang).

  3. Pikun

  4. Parkinson: gangguan saraf yang menyebabkan kelumpuhan.

Kardiovaskular

gangguan-gangguan Ini berhubungan dengan jantung, stroke, dan gangguan yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

Trauma di induksi

Trauma di induksi berhubungan dengan cedera otak, perdarahan dan gegar otak.

Intoksikasi

Intoksikasi berhubungan dengan obat dan alkohol terkait, obat dan gejala penarikan alcohol, serta bahan-bahan kimia lainnya.

Mood dan Kecemasan

Beberapa gangguan utama dalam kategori ini adalah: depresi, fobia, gangguan Panic. Ini bisa begitu ringan. Beberapa penyebab penyakit ini disebabkan oleh situasi sebelumnya, misalnya: terutama peristiwa traumatis, seperti korban pelecehan seksual dan veteran perang biasanya memiliki kepanikan dan fobia.

Gangguan kepribadian

Ada 3 kelompok gangguan kepribadian, yaitu:

ODD dan Perilaku yang tidak biasa, diantanya:

  1. Kepribadian paranoid: perasaan bahwa setiap orang dan segala sesuatu diketahui mereka namun pada kenyataannya hal ini tidak benar.

  2. Skizofrenia Kepribadian - apatis terhadap orang lain dan tidak ada keinginan untuk bersosialisasi.

Dramatis, atau perilaku emosional tak menentu

Gangguan ini yang termasuk, diantanya:

  1. Antisocial: menghindari orang

  2. Borderline kepribadian-menentu emosi dan berhubungan dengan orang.

  3. Munafik kepribadian-perhatian pencari-manipulator - Cenderung melebih-lebihkan hubungan-"semua orang mencintai saya".

Gangguan kecemasan/takut

Yang termasuk gangguan kecemasan, diantaranya:

  1. Avoidant : gangguan kepribadian-takut mengambil risiko, mudah tertipu, hiper-sensitif, menghindari segala sesuatu yang mencakup interaksi sosial.

  2. Dependent: gangguan kepribadian-karena kelalaian, miskin, telah ditinggalkan dan merasa itu akan terjadi lagi.

  3. Obsesif-kompulsif : gangguan kecemasan, menarik pikiran dan obsesi tentang hal-hal yang tidak nyata.

Gangguan Psikotik

Gangguan psikotik adalah kumpulan penyakit yang sangat mempengaruhi proses otak dan berpikir. Orang-orang ini mengalami kesulitan berpikir rasional dan penilaian mereka terganggu. Hidup kehidupan sehari-hari menjadi sangat sulit. Namun, untuk yang terburuk dari gangguan ini ada perawatan yang tersedia. Gejala yang paling umum penyakit ini biasanya delusi dan halusinasi. Delusi percaya fakta tertentu bahkan setelah fakta-fakta tersebut telah terbukti salah. Halusinasi mirip dengan delusi dalam keyakinan yang salah, namun halusinasi dirasakan dengan indra dan tidak pikiran. "Mendengar hal" atau "melihat sesuatu" adalah contoh dari halusinasi. Beberapa gejala lain adalah: perilaku aneh (mungkin berbahaya untuk diri sendiri atau orang lain), kurangnya kebersihan pribadi, penurunan minat dalam melakukan hal-hal, pola bicara aneh yang tidak dimengerti, perubahan suasana hati, kesulitan hubungan, lambat atau gerakan-gerakan aneh.

Gangguan psikotik yang utama adalah:

  1. Skizofrenia: orang-orang ini memiliki gejala yang bertahan lebih lama dari enam bulan, gejala seperti delusi, dan halusinasi adalah gejala biasa dari gangguan ini.

  2. Schizophreniform: Orang-orang yang menderita gangguan ini juga memiliki gejala Schizophrenia, tetapi tidak bertahan lebih lama dari enam bulan.

  3. Gangguan schizoafektif-orang-orang ini memiliki keduanya skizofrenia dan suasana hati lain atau gangguan afektif seperti gangguan bipolar.

  4. Gangguan Delusional: orang-orang ini memiliki delusi bahwa terakhir tidak kurang dari sebulan. Delusi ini dapat pikiran aneh seperti yang diikuti, atau, mirip dengan paranoia, orang lain berpikir yang ganging melawan mereka.

  5. Penyalahgunaan Obat- gangguan psikotik-psikotik yang disebabkan oleh konsumsi alkohol atau obat-obatan, gejala-gejala ini biasanya bingung dan gagap dalam bicara, delusi, dan halusinasi.

 

Back

Shared: